Minggu, 06 Juni 2010

Pulau Madura

MADURA PULAUKU
Pulau Madura terletak di timur laut Jawa kurang khatulistiwa diantara 112 dan 114 bujur timur. Luas Pulau Madura 4.887 Km². Panjangnya kurang lebih 190 Km dan jarak yang terlebar 40 Km. Pantai utara merupakan suatu garis panjang yang hampir lurus. Pantai selatannya di bagian timur mempunyai dua teluk yang besar terlindung oleh pulau-pulau, gundukan pasir dan batu-batu karang.
Batas-batas administrasi Pulau Madura adalah:
a. Batas sebelah utara: Laut Jawa
b. Batas sebelah selatan: Selat Madura
c. Batas sebelah timur: Laut Jawa
d. Batas sebelah barat: Selat Madura
Secara administratif pulau Madura dibagi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Madura juga mempunyai kawasan kepulauan sebanyak 77 pulau semuanya terletak di Kabupaten Sumenep dan hanya satu di Kabupaten Sampang, yakni Pulau Mandangin.
Penduduk pulau Madura paling banyak bekerja di sektor pertanian (63,60%) selanjutnya di sektor perdagangan (11,10%) dan industri (9,40%) dan jasa kemasyarakatan (7,60%). Rendahnya partisipasi angkatan kerja di sektor industri disebabkan oleh karena memang terbatasnya industri yang ada di Madura. Sedangkan pertanian yang ada sebagian besar adalah pertanian lahan kering.
Pendidikan mereka umumnya rendah oleh karenanya mereka mencoba mengadu nasib di bidang informal khususnya perdagangan dan jasa. Mereka yang tidak tertampung di Madura sendiri pergi migrasi ke luar pulau.
PENDUDUK MADURA 1992
BERDASARKAN LAPANGAN PEKERJAAN
NO LAPANGAN PEKERJAAN PROSENTASE
1. Pertanian 63,60
2. Industri 9,40
3. Bangunan 3,50
4. Perdagangan 11,10
5. Pengangkutan & Perhubungan 2,60
6. Jasa Kemasyarakatan 7,60
7. Lain-lain 2,60
Jumlah 100,00
Sumber: Jawa Timur Membangun 1993
Pendidikan agama semasa mereka masih kanak-kanak sangat melekat pada setiap orang Madura. Oleh karenanya pada umumnya orang Madura taat melakukan ibadah. Kebiasaan ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan mereka. Dengan demikian keberadaan para Kyai dalam masyarakat menjadi sangat dominan. Demikian pula dalam dunia perdagangan dari penjual barang bekas sampai dengan pengusaha besar, orang Madura juga berperan. Kemauan dan semangat salah satu suku di Indonesia ini merupakan sebuah potensi yang perlu dikembangkan.

1 komentar: